Sejarah L'arc en Ciel

Wew....kita mulai dari membahas l'arc en ciel.

Semuabermula dari tetsu, yang ingin membentuk band di era band-booming saatitu. Bersama temannya ken, ia sempat membentuk bystonwell. Setelahbystonwell bubar, ia lalu membentuk band lain bersama hiro. Suatu haritetsu melihat penampilan band lain bernama Jerusalem Rod, yangberanggotakan antara lain hyde sebagai gitaris, dan pero sebagaidrummer. Melihat penampilannya, tetsu terpikat dan lalu mengajak hydebergabung sebagai vokalis. hyde setuju, asalkan ia boleh membawa pero.Ketika itu, mereka melakukan session di Sub-Rock dan kemudian merekasetuju membentuk group band. Dan terbentuklah L'Arc~en~Ciel di Osakapada Februari 1991 dengan formasi awal tetsu [bass], hyde [vokal], hiro[gitar] dan pero [drum]. Nama L'Arc~en~Ciel (yang berarti pelangi)dipilih oleh sang leader tetsu. Nama itu berasal dari nama film prancisyang ditonton tetsu sebelumnya. Ia memilih nama itu hanya karena namaitu kedengarannya keren. Aneh kan?

Mereka lalu mengadakan LIVEpertamanya di Nanba Rockets pada 30 Mei 1991. Karena corak musiknyayang unik, mereka dengan cepat mengumpulkan banyak fans sehingga merekamakin sibuk manggung di daerah Osaka dan sekitarnya. Mereka bahkansempat merekam video L'Arc~en~Ciel yang berisikan rekaman LIVE merekadi Nanba Rockets. Video ini terdiri dari 2 lagu, Claustrophobia dan I'min pain.

Di tengah kesibukan tersebut, sang gitaris Hiro memutuskankeluar dari band pada 12 Juni 1991. Mereka lalu kebingungan karenamereka membutuhkan gitaris untuk bisa terus manggung. Ketika itu tetsuteringat pada Ken. Ken saat itu sedang menyelesaikan kuliahnya diUniversitas Nagoya jurusan arsitektur. Setelah menerima tawaran daritetsu, Ken berpikir selama 3 hari dan ia lalu memutuskan cabut darikuliahnya untuk bergabung dengan Laruku. Tetapi ternyata orangtua Kensangat marah dengan keputusan ini, dan konon mereka masih tidak salingbicara sampai saat ini.

Ken lalu memulai LIVE pertamanya bersamaLaruku di Shinjuku Loft pada 25 Juni 1991. Pada 1 Oktober, Larukumerekam Voice untuk dimasukkan dalam CD kompilasi Gimmick. 1 bulankemudian, tepatnya 25 November, mereka merilis single pertamanya Floodof Tears (c/w Yasouka) dan hanya tersedia 1000 kopi saja.

Tapiternyata jalan mereka belum terlalu mulus. Pada 30 Desember 1992,setelah LIVE di Osaka Music Hall, Pero ikut hengkang. Sekali lagi,Laruku kelabakan. Untungnya, Tetsu melihat seorang drummer jempolanbernama Sakura di sebuah live house di Tokyo. Tetsu yang kagum akanpermainan Sakura langsung mengajaknya bergabung, padahal mereka belumsaling mengenal (apalagi mengingat jarak antara Osaka dan Tokyo yangcukup jauh). Sakura yang penasaran dengan Laruku akhirnya pergi keOsaka untuk melihat band tersebut. Akhirnya pada 16 Januari 1993,Sakura resmi bergabung dengan Laruku.

Pada bulan April 1993, merekamerilis album perdana mereka yang berjudul DUNE. Pada 31 Mei DUNEakhirnya menduduki posisi puncak Oricon Indies chart. Pada bulanseptember, single Yokan diikutkan dalam omnibus The Monsters of ShockAge. Demi mengejar popularitas, mereka akhirnya pindah ke Tokyo,walaupun sebenarnya hyde kurang setuju dengan kepindahan merkatersebut. Mereka kemudian merilis video pertamanya, Touch of Dune pada21 Oktober.

Pada medio '94, mereka akhirnya meninggalkan label indiedan bergabung dengan Ki/oon Record (anak perusahaan Sony). BersamaKi/oon, mereka merilis single video Nemuri ni Yosete pada 1 Juli,sementara album Tierra dirilis 2 minggu kemudian, sekaligus mengawalitur Sense of Time '94. Pada 9-20 September, mereka berkunjung ke Marokountuk rekaman video SIESTA, yang kemudian dirilis 1 Desember. Sementarasingle pertama mereka bersama Ki/oon, Blurry Eyes dirilis 21 Oktober.Single ini menjadi OST dari anime DNA2.

Pada tanggal 1 Desemberpula, pendaftaran untuk official fansclub Ciel dibuka. Para anggotanyamendapatkan majalah bulanan Ciel. Pada majalah Ciel vol.0, terdapatbonus jam tangan 'Ciel'. Pada 21 Mei 1995, mereka merilis single videoAnd She Said, juga sekaligus memulai tur "in CLUB 95" dimana merekaberkeliling jepang sejauh 15.407 km sambil mengadakan 19 kali konser dilivehouse/club yang merka lalui. Single Vivid Colors kemudian dirilispada 6 Juli, dan kemudian album heavenly pada 1 September. Pada 22September, untuk pertama kalinya mereka tampil di Music Station denganmembawakan lagu Vivid Colors. Single Natsu no Yuutsu [time to saygood-bye] dirilis pada 21 Oktober, dan puncaknya adalah Tour Heavenly'95 yang finalnya diadakan di Tokyo Dome, dimana 10166 tiket terjualhabis dalam 28 menit.

Tahun 1996 mungkin adalah salah satu tahuntersibuk bagi Laruku. Dimulai pada 21 Maret dengan video heavenly~filmsdan photobook pertama mereka, heavenly photographs. Tur "kiss me deadlyx heavenly" dimulai bulan April, dimana tetsu sempat sakit sehinggakonser sempat ditunda. Akhirnya finale tour tersebut, "kiss me deadly xheavenly '96 REVENGE" diadakan di NHK Hall pada 26 Mei. Pada 8 Juli,single Kaze ni Kienaide dirilis, kemudian disusul buku biografi merekayang terlengkap, "IS" pada 20 September. Single flower dirilis 17oktober, dan disusul single Lies and Truth pada 12 November. Akhirnyaalbum True dirilis pada 12 Desember dan kemudian mereka memulai turCarnival of True pada 23 Desember. Album True sendiri merupakan albumLaruku pertama yang terjual sebanyak 1 juta kopi.

Sayangnya padaFebruari ’97 Sakura ditahan polisi karena kasus kepemilikan Narkoba.Hal ini tentu saja sangat menggangu aktivitas Laruku. Peluncuran singlethe Fourth Avenue cafe juga terpaksa dibatalkan. Akan tetapi Larukumemutuskan untuk terus jalan walaupun kini mereka hanya bertiga. Sakuraakhirnya dihukum 2 tahun penjara dan ia resmi meninggalkan Laruku pada4 Nov ’97.

Seperti biasa, Tetsu kemudian mencari pengganti Sakuradan ia lalu melihat Yukihiro yang merupakan mantan drummer DIE INCRIES. Ia lalu merekrutnya sebagai supporting drummer dan Laruku mulaiaktif kembali secara resmi pada 27 Agustus. Single pertama merekasetelah re-start, Niji dirilis pada 17 Oktober. Reincarnation Live ’97di Tokyo Dome menandai kembalinya kesuksesan Laruku. LIVE ini bahkanmemecahkan rekor penjualan tiket di Tokyo Dome. Dengan hanya 4 menit,56.000 lembar tiket telah terjual habis.

Pada 1 Januari ’98 Yukihirosecara resmi bergabung dengan Laruku. Masuknya Yukihiro membawa anginsegar pada corak musik Laruku. Mereka lalu terus merilis hit, sepertisingle winter fall pada 28 Januari dan album HEART pada 25 Februari.Single DIVE TO BLUE dirilis 25 Maret, dan tur Light My Fire diadakanpada bulan Mei. disusul video A PIECE OF REINCARNATION pada 22 April.Lalu pada 8 Juli mereka merilis 3 single sekaligus yaitu HONEY, Kasou,dan Shinshoku lose control dan hal ini merupakan pertama kalinya dalamsejarah. Pada 27 Juli, untuk pertama kalinya dalam sejarah pula, singleHONEY dan Shinshoku berturut-turut menempati posisi 1 dan 2 di Oriconchart. Shinsoku juga dimasukkan ke dalam OST movie Godzila (khususversi asia). Menyusul kesuksesan HONEY, single snow drop dirilis pada 7Oktober dan single forbidden lover seminggu kemudian. Kemudian padamalam tahun baru mereka akhirnya berkesempatan tampil di acara KouhakuUtagassen dengan single 'HONEY' yang telah terjual 1 juta kopi.

Memasukitahun 1999, Laruku terlihat makin sibuk. Photobook LIVE yang merupakankumpulan foto mereka dalam live dirilis pada 20 Januari. SementaraPhotobook LIFE yang berisi foto-foto mereka saat berada di mancanegaradirilis sebulan kemudian. Mereka lalu merilis single HEAVEN'S DRIVEpada 21 April dan Pieces pada 2 Juni. Pada 1 Juli mereka merilis 2album ark dan ray secara serempak di beberapa negara di asia. Untukmenyambut 2 album ini, diluncurkanlah situs spesial http://www.arkray.com/yang hanya aktif selama 26 hari saja. Sementara itu tiket tur nasionalGrand Cross Tour ’99 terjual 650.000 lembar. Single Driver's High danvideo chronicles dirilis pada 11 Agustus. Driver's high kemudiandijadikan OST dari anime GTO. Single LOVE FLIES dirilis pada 27Oktober, bersamaan dengan peluncuran website LArcom.net. Pada malamtahun baru, mereka tampil kembali di acara Kouhaku Utagassen untuk yangkedua kalinya dengan membawakan single HEAVEN'S DRIVE.

Larukumenyambut millennium baru dengan merilis double side single NEOUNIVERSE/finale dan situs LArc-en-Ciel.com. Sementara itu, namafansklub 'Ciel' diganti menjadi 'Le-Ciel'. Album remix yukihiro'ectomorphed works' dirilis 28 Juni., single STAY AWAY pada 19 Juli danalbum REAL pada 30 Agustus. Mereka juga mengadakan 2 tur, yakni CLUBCIRCUIT 2000 REALIVE dimana mereka manggung di klab-klab kecil untukdapat melihat reaksi fans mereka lebih dekat, dan TOUR 2000 REAL yangdiadakan di stadion-stadion besar. Dan mereka (lagi-lagi) tampil diacara Kouhaku Utagassen pada malam tahun baru untuk yang ketiga kalinyadengan membawakan single STAY AWAY.

Menyambut 10 tahun eksistensimereka di dunia musik, pada 2001 mereka memutuskan untuk vakum untuksementara dan memulai proyek solo karir mereka. Praktis, setelah singleSpirit dreams inside -another dream-, Laruku tidak mempunyai kegiatanapa-apa lagi. Mereka lalu berkonsentrasi penuh pada solo karirnya.Tetsu sebagai TETSU69 memulai dengan single wonderful world/tightrope,lalu menyusul Hyde dengan single evergreen . Yukihiro tak mauketinggalan dan membentuk band Acid Android yang membawakan lagubercorak rock-industrial. Akhirnya ken membentuk Sons of all Pussys(S.O.A.P) dimana ia reuni dengan mantan drummer laruku, Sakura.

Hingga2003, para fans mulai khawatir dengan gosip akan bubarnya Laruku.Apalagi dengan dirilisnya trilogi album The Best, membuat hati fansmakin kebat-kebit. Tetapi laruku menampik gosip tersebut dengan konserShibuya Seven Days 2003 dan memulai kembali aktivitas mereka sebagaiband dengan dirilisnya single READY STEADY GO. Album SMILE kemudianmenebar senyuman di kalangan fans. Merka lalu berkesempatan mengadakankonser pertamanya di Amerika dalam acara OTAKON 2004. Kini mereka masihterus berkarya dan berusaha memberikan yang terbaik untuk para fansmereka di seluruh dunia.Label: l'arc en ciel history

0 Response to "Sejarah L'arc en Ciel"

Posting Komentar