Macam-macam kutu internet dan cara mencegahnya

Dunia maya tidak lepas dari kutu digital / pestsprogram. Bila Virus yang mengacaukan sistem computer sudah bermutasimenjadi alat penyerang sudah menjadi hal biasa. Tetapi saat ini yanglebih menjengkelkan saat ini adalah para kutu yang disebut denganAdware, Spyware, Worm dan Trojan.


Disebut sebagai kutuinternet karena sifatnya yang menganggu. Dan membuat gatal sebuahcomputer sampai menjadi parasit yang terus membebani sistem sebuahcomputer sampai network dan koneksi internet. Bila anda pertama kalimerasakan computer begitu cepat, setelah beberapa waktu anda mengunakaninternet maka computer perlahan lahan menjadi lambat. Kemungkinankelambatan computer bisa disebabkan oleh salah satu jenis programMalware tersebut.


Macam-macam kutu internet antara lain:


Adware

Adwareada iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program.Umumnya program diberikan secara gratis, tetapi dengan kompensasipemakai harus menerima iklan pada program.


Browser Helper Object

BHOadalah pembajak yang menampilkan link pada toolbar. Umumnya BHOmelakukan kegiatan mata mata untuk mencatat kegiatan netter, disampingtampilan browser anda ditambahkan toolbar khusus


Browser Hijackers

Browseranda dimasukan link tertentu. Dan memaksa anda masuk pada sebuah situswalaupun anda sudah benar mengetik alamat situs yang anda inginkan.Artinya, program Browser anda secara tidak langsung sudah dibajak dandiarahkan ke situs tertentu


Dialer

Memasukanfungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan secara diam diam programdapat aktif sendiri. Untuk kerugian, tagihan telepon anda mendadakmembengkak


Drive-by downloads

Program yang di install tetapi tidak diketahui oleh pemilik computer. Cara ini memanfaatkan kelemahan pada IE.


Homepage Hijacking

Inipaling banyak dilakukan oleh pembuat Malware. Dengan menganti alamathomepage pada default browser dan tidak dapat dirubah walaupun andasudah melakukan set ulang.


Keylogger

Program yang masuk dan mencatat apa yang anda ketik. Dan mengirim data ke server pembuat Malware.


Retrospies

Program Malware yang sengaja mencoba mematikan anti spyware.


Scumware

Diartikan sebagai program yang tidak dinginkan dan masuk ke computer tanpa ijin


Search Hijackers

Adalahkontrol yang dilakukan sebuah search engine pada browser. Bila salahmenulis alamat, program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklanyang tidak karuan.


Surveillance Software

Salahsatu program yang berbahaya. Karena mencatat kegiatan pada sebuahcomputer termasuk data penting, password dan lainnya. Program inisangat pintar , dan baru mengirim data setelah seseorang selesaimelakukan aktifitas.


Thiefware

Difungsikanuntuk mengarahkan pengunjung situs dan mengarahkan ke situs lain yangmereka kehendaki. Cara ini tidak ilegal tetapi dinilai kasar


Trojan Horse

Adalah program dikategorikan sebagai virus. Fungsinya untuk mengkontrol computer yang terinfeksi


Darinama nama diatas, perbedaan antara virus dengan kutu computer membuatprogram malware sulit dibedakan. Keduanya sama sama memiliki sifat yangkita tidak inginkan. Virus , Worm virus termasuk Trojan dapat dihadapidengan program khusus yaitu AntiVirus. Sedangkan perkembangan kutuAdware dan Spyware internet harus dihadapi dengan anti spyware dan antiadware.


Walaupun agak sulit membedakan untuk dimasukankedalam kategori apakah sebuah program malware. Dibawah ini adalahbeberapa kategori dari penganggu computer yang ada saat ini. Untukartikel dibawah ini, seluruh kategori pada tabel diatas dimasukan dalamkata program Malware.


Kategori untuk Trojan , Worm dan Hijacker


Trojanadalah replika atau duplikat virus. Trojan dimasukan sebagai viruskarena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengansendirinya pada sebuah computer. Sifat trojan adalah mengkontrolcomputer secara otomatis. Misalnya computer yang dimasuki trojan email.Trojan dimasukan dalam RATS (remote access trojans) dimana sebuahcomputer dikontrol oleh program tertentu, bahkan beberapa trojandifungsikan membuka computer agar dapat dimasuki oleh computer dandiaccess dari jauh.


Worm virus adalah virus. Kategori Wormdikelompokan sebagai si cacing internet. Fungsi utamanya untukmelakukan serangan dan menyebar serta mengambil data dan mengirim emailsecara diam diam dan acak. Tetapi saat ini juga dimanfaatkan untuktujuan tertentu, misalnya mengirim data pada sebuah computer tanpadiketahui oleh pemiliknya. Batasan Worm untuk tujuan komersil atau nonkomersial menjadi tipis. Karena program dibuat untuk mengambil data dandikirim ke tempat tertentu


Untuk Hijacker dimana seseorangmasuk kesebuah situs, dan secara tidak sengaja mengclick sesuaipermintaan pada tampilan situs. Disitulah program Hijacker bekerja, danmemasuki fungsi browser anda agar dikontrol sesuai keinginan mereka.


Spyware


Berbedadengan Spyware yang berkonotasi dengan fungsi Spy atau memata matai.Spyware adalah program yang diam diam telah masuk kedalam computer danmengambil data. Tujuan awal dari pembuatan Spyware adalah mencari datadari pemakai internet dan mencatat kebiasaan seseorang dalammenyelusuri dunia maya. Sayangnya, perkembangan Spyware tersebutdirusak dengan munculnya pencuri yang dapat mengambil data pada sebuahcomputer.


Bagaimana masuknya program spyware ini. Umumnyaprogram jenis spyware masuk secara langsung dengan mengelabuhi pemakaiinternet. Bisa saja seseorang yang membuka sebuah website dan secaratidak sengaja menerima sebuah peringatan dan melakukan apa yang dikehendaki oleh si pembuat web. Spyware sebenarnya tidak berbahaya,karena hanya difungsikan untuk memata matai computer seseorang setelahberkunjung. Sayangnya semakin hari semakin berkembang, bahkan spywaresudah dijadikan alat untuk mencari data pribadi pada sebuah computer.Dan diam diam mengunakan koneksi internet anda tanpa diketahui dancomputer sudah menjadi mata mata tanpa diketahui pemiliknya


Adware


Adwaresebenarnya difungsikan sebagai promosi atau iklan berbentuk banner.Terkadang pemakai ingin mengunakan program shareware tetapi didalamnyaterdapat program yang difungsikan sebagai Adware. Misalnya Program Ayang diberikan secara gratis, ternyata memiliki jendela kecil padaprogram dan terus berganti ganti gambar iklan. Atau anda mengunakanYahoo messenger dan pemilik Yahoo menempatkan banner iklan pada sebuahbagian di program Yahoo chat.


Kategori diatas masihdikatakan aman, pembuat program memberikan program gratis, sementaramendapatkan dana uang dari iklan yang ditempatkan pada programnya.Sayangnya program Adware mulai dimanfaatkan terlalu banyak. Terkadangmengambil bandwidth atau beban koneksi internet terlalu besar danakhirnya membuat koneksi internet menjadi benar benar lambat danmenganggu computer ketika melakukan surfing. Terlebih adware yang sudahmasuk kedalam computer dan menjakit didalam program Windows. Ketikaseseorang membuka sebuah site maka yang muncul adalah link ke site yangditentukan oleh program Adware. Hal paling menjengkelkan bila jenisAdware yang tidak dapat ditutup. Begitu satu pop iklan muncul ditutup,tidak lama lagi muncul pop baru yang lebih banyak.


BahkanAdware dapat melakukan pekerjaan ganda yang dibutuhkan pada tampilansebuah iklan atau si pembuat program memanfaatkan dengan merekam datanetter. Misalnya mencari tahu kemana saja seorang pemakai computermelakukan surfing di internet atau ingin mengetahui apakah netter jugamengunjungi pihak perusahaan pesaing yang sama. Artinya dengan adanyaAdware, Privasi seseorang mulai dapat dilihat oleh orang lain. Adwarebukan tidak saja menganggu privasi seseorang, tetapi mencuri bandwidthinternet anda secara diam diam.


Pengaman yang tidak selalu aman


Denganantivirus yang terpasang tidak menjanjikan sebuah computer aman darikutu digital. AntiVirus umumnya hanya ditujukan bagi virus penganggudan sifatnya non-komersil. Virus umumnya dapat dibedakan dengan Malwarememiliki sifat komersil. Tetapi apa artinya bila perbedaan hanyalahsebagai sebuah nama. Tetapi fungsinya tetap sama, yaitu menganggucomputer bekerja dan merugikan pemakai computer


Spyware danAdware akan efektif dihadapi dengan program tersendiri dan bukan olehprogram Antivirus. Demikian juga dengan kemampuan dari pembuat AntiSpyware, kombinasi beberapa program Anti Spyware akan lebih efektif.Walaupun cara ini tidak menjamin 100% computer bebas dari programMalware. Karena sampai Oktober 2005, jenis Malware, Spyware dan Adwaretelah mencapai jumlah 45,000 lebih


Kerugian dengan adanya Malware pada sebuah computer


Palingawal untuk kerugian adalah koneksi bandwidth internet. Karena mediainternet menjadi salah satu keuntungan pembuat Malware. Koneksiinternet akan menjadi lambat atau sangat lambat karena terus dibebanioleh program parasit


komputer juga menjadi lambat. BeberapaMalware masuk kedalam start-up System Windows tanpa diketahui pemilikcomputer. Bahkan beberapa program juga terus aktif dan memakan utilitasprocessor. Artinya, walaupun komputer sedang idle ternyata komputersebenarnya masih terus bekerja dengan beban dari program Malware. Tentudengan beban tersebut juga akan menarik daya listrik pada komputerserta membuat computer menjadi lambat


Pada Dialer, terkadangbisa melakukan link ke internet dengan sendirinya. Bila koneksiinternet dilakukan dengan Dial-up. Diam diam Malware Dialer dapat aktifdengan sendirinya.


Komputer yang terinfeksi parasit tidaksaja menjadi lambat ketika dinyalakan. Bila sudah terlalu banyak dapatmembuat komputer menjadi sangat lambat bahkan crash.


Palingmenganggu pada Hijacker, karena program browser anda yang diserang.Maka browser anda menjadi kacau. Mengetik alamat kesebuah situs yangbenar bisa menjadi salah bila Browser sudah dimasuki program jenisHijacker. Dan kontrol dari program Malware akan menganggu kenyamanannetter. Belum lagi muncul pop-up windows yang terus saja muncul.Kerugian pada Hijacker adalah waktu yang terbuang karena Browserdikacaukan untuk mengarahkan ke alamat site atau situs yang salah.


Dan masih banyak lagi dampak dari program Malware yang bisa dilakukan oleh si pembuat program.


Menghadapi kutu Digital dan worm virus


Pertamabiasakan mendidik diri sendiri untuk tidak memasuki area terlarang atauwilayah berbahaya. Ungkapan ada gula pasti ada semut memang sulitdirubah. Beberapa netter ingin mencari informasi atau yah kita tahu lahdidaerah apa yang terlihat menghibur dengan kesenangan sesaat. Adabaiknya menghindari area berbahaya tersebut, atau mempersiapkancomputer untuk menghadapi site site berbahaya.


Biasakantidak mengklik kata next pada situs tertentu. Umumnya situs yangmemiliki program kutu internet mencoba mengakali pemakai internet. Caramenjebak pemakai banyak dilakukan oleh site site porno gratis atausoftware gratis misalnya dengan memberikan warning anda harus berumur17 tahun dan anda harus menyetujui dengan mengclick icon mereka.Terserah apa yang anda click, sebenarnya tidak akan berbeda.Selanjutnya program di kirim ke computer anda dan selesai tugas merekamenjebak anda.


Jangan meng-klik sebuah link bila anda tidakyakin mendapatkan sebuah email yang tidak jelas. Bila anda mengatakanbahwa ini hanyalah sebuah link ke sebuah situs dan tidak berbahaya,kemungkinan pernyataan tersebut salah besar. Link yang ada bisa sajaberhubungan dengan sebuah situs yang selalu telah siap menyerangcomputer anda. Beberapa kelemahan umumnya terjadi pada program InternetExplorer. Dan saat saat demikian memang sengaja ditunggu oleh pemilikiprogram menjebak netter yang tidak mengupdate program InternetExplorer.


Berhati hati dengan para pembuat program untukdigunakan secara gratis / freeware. Percayalah dari semua pembuatprogram kemungkinan ada yang tidak jujur. Dan anda dapat sajadimanfaatkan dengan kata kata gratis tetapi diam diam program merekamelakukan hal hal yang tidak anda inginkan. Hasilnya, biaya koneksiinternet menjadi lebih mahal dibandingkan dengan membeli software sebenarnya.








Tolak semua yang meminta menginstall program.Dengan janji apapun yang terlihat legal sebenarnya use dipaksa untukmenerima program dari sebuah website agar dapat dimasukan Adwareataupun Spyware.







Matikan program tanpa dengan mematikan tanda Xpada windows sebelah kanan atas. Dan jangan pernah mempercayai pilihanYes, No dan lainnya yang disediakan. Karena kemungkinan pilihantersebut semuanya berfungsi sama.


Matikan fungsi download ActiveX dari browse dan hanya menjalankan bila diperlukan.


KhususnyaInternet Explorer dari Microsoft selalu menjadi target dari pembuatkutu dan memanfaatkan kelemahan program. Dan biasakan mengaktifkan autoupdate agar keamanan sistem operasi terus update.


Untukkeamanan lebih baik, gunakan program browser lain yang bukan menjaditarget para kutu internet. Misalnya FireFox, AdvantBrowser, NetCaptordan lainnya yang memiliki tambahan sistem pengaman untuk melakukanblocking pop windows. Pemakaian program tambahan dengan fasilitas AntiPop membantu netter terhindari dari jebakan pop yang sering muncul danmenawarkan sesuatu. Tetapi tidak menjamin bahwa apa yang anda lakukantelah aman.


Matikan program Java dan Flash bila anda tidakmengunakan atau uninstall program dari harddisk. Beberapa kelemahanpada browser biasanya juga memanfaatkan lubang browser dengan Java.







Coba periksa dengan fungsi command dari Windowsdengan NetStat. Dengan program ini, maka anda dapat mengetahui kemanacomputer anda sedang terhubung. Bila pertama computer dijalankan danlampu network pada sebelah kiri bawah Windows anda terus berkedip.Curigai bahwa computer anda kemungkinan telah dimasuki program Malware.Caranya dengan membiarkan computer terhubung ke internet, dan diamkanbeberapa saat. Jalankan kembali program NetStat dan lihat kemana sajacomputer mencoba melakukan koneksi ke jalur internet. Dalam kondisidiam atau anda tidak membuka aplikasi apapun, daftar IP pada Netstatakan kosong. Bila muncul daftar IP tertentu, waspadai computer andasudah terjangkit Malware.







Matikan program pada start-up Windows. Untukmudahnya, anda dapat mengunakan software Tune-up, atau msconfig (pilihstart lalu run terus ketik msconfig) dan melihat file apa saja yang diloading ketika awal computer bekerja.


Perhatikan apakah padadaftar program terdapat program yang tidak dikenal. Tapi hal yang perludiingat, program malware belum tentu dapat terlihat pada Star-Up dantersembunyi didalam sistem Registry Windows. Membuang pada Start-UpWindows hanya efektif untuk mematikan Malware sederhana. Sedangkan yanglebih komplek lagi tidak dapat dimatikan dengan cara demikian.


Gunakanprogram Anti Spyware untuk menghadapi serangan Malware atau Spyware.Program Anti Spyware dapat mencegah masuknya program yang akanmenganggu dan menyerang computer.


Jangan selalumempercayakan 100% pada sebuah program. Cara terbaik terhindar dariprogram Malware adalah tidak menghubungkan computer pada jaringaninternet.


Kombinasi pemakaian beberapa anti Spyware mungkinmenjadi solusi terbaik. Karena tidak semua anti Spyware mampumembersihkan computer yang telah terjangkit Malware atau Spywareprogram.

0 Response to "Macam-macam kutu internet dan cara mencegahnya"

Posting Komentar